WISATA BLORA: Gunung Mundri

Siapa nih yang hobi naik gunung? Pastinya pemandangan di gunung bikin nagih buat sebagian orang yang hobi mendaki gunung, eh bukan sebagian lagi sih, sepertinya orang-orang ke gunung juga pengen lihat pemandangan alam.

Sayangnya di Blora, Jawa Tengah dimana domisiliku saat ini tidak ada gunung. Ketinggian di tempatku hanya berkisar 25-50 mdpl. Namun di beberapa tempat terdapat perbukitan kapur yang bisa dijadikan objek wisata pendakian, ya walaupun nggak tinggi tinggi bener sih.

Salah satuya terdapat di Desa Waru, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora. Warga sekitar menyebutnya dengan Gunung Mundri walaupun secara fisik ini bukan gunung tetapi sebuah bukit kapur. Puncak tertinggi Gunung Mundri terkenal dengan sebutan Puncak Baret dengan ketinggian 400 meter diatas permukaan laut. Di puncak itu terdapat tugu TNI dan biasa digunakan Pasukan TNI AD Blora (Alugoro 410) untuk latihan fisik. Tempat ini kerap disebut gerbang utara Blora, karena lokasinya berbatasan langsung dengan kawasan Pegunungan Kendeng, Kabupaten Rembang.

Pertama kali kesini waktu tahun baru 2019, ramean banyak temen buat nonton kembang api dari atas. Sayang banget pas tengah malem ujan deres kembang apinya gak keliatan dan berkabut sampe pagi. Mana pas turun salah satu motor ada yang mogok, untungnya kebanyakan anak SMK yang paham soal mesin motor jadi bisa diperbaiki deh.

Pendakian pertama ini motor masih bisa langsung dibawa diatas, melewati perkebunan jagung dan jalanan berbatu kapur.

 

Memanaskan kembali ikan bakar


Makan dulu yah












Pagi yang berkabut




Mogok :(


Akhir Agustus 2020 aku kembali ke Mundri, setelah 6 bulan di rumah aja karena pandemi dan kuliah sedang online. Kali ini tempatnya sudah dikelola dengan baik oleh warga setempat. Bahkan sudah ada basecamp pendakian yang sekaligus menyewakan perlegkapan outdoor. Untuk biaya registrasinya hanya Rp 2000,00 saja loh dengan biaya parkir menginap Rp 5000,00. Naik gunung semurah itu di Blora haha.

Sudah ada jalur pendakian menuju puncak, sebenernya sih bisa langsung ke puncak naik motor. Tapi lebih aman sih treking aja sekalian kita bantu pekonomian warga setempat ye kan. Lagian apa enaknya naik gunung tapi bawa motor hehe. Sekalian olahragalah di jalurpun disuguhkan beberapa lokasi goa-goa alami yang masih tersembunyi dibalik rimbunnya belukar yang menutupi goa. Dan ada spot foto yang lagi viral. Pemandangan matahari terbenam dan matahari terbitnya sih juara disini.

Golden Sunset (katanya)


Spot foto viral



Plang puncak Mundri



Beberapa dokumentasi yang saya punya, walaupun bukan kondisi jalur atau puncak tetapi malah selfie gak penting haha. Selain tugu dipuncak sudah ada plang penanda puncak Mundri lengkap dengan bendera padahal dulu belum ada, ya semoga wisata di Blora semakin banyak dinikmati dan dikunjungi oleh banyak orang. #AyoDolanBlora dolan omahku yo oleh sih hahahahaha. Sekian


Sumber gambar: Dokumen Pribadi 

Untuk info lebih lengkap bisa disini Bloranews.com

Komentar

  1. Mantap posting. wisata yang rekomended buat wisata keluarga ya kak. Salam dzaufa.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Slamet (lagi)

5 Tips Aman dan Nyaman Motoran Keliling Blora