Mt Ungaran 2050mdpl

Jadi gini kemaren itu tgl 24-25 Maret 2017 aku dan teman temanku berencana naik ke gunung ungaran. Kenapa ungaran? Karena gunung ungaran itu pas buat pendaki pemula, selain deket kita juga mencari gunung yang tidak terlalu tinggi dahulu. Kita naik ber-7 yaitu aku sendiri sutil, cangkir, cowek, mbak pawon, kendhi, tampir sama mas sawo. Seharusnya sih bisa berdelapan sama mas baskom tapi dianya lagi ada urusan. Kita packing bareng di bc, menyiapkan segala logistik dan alat-alat yang dibutuhkan selama 2hari pendakian. Setelah semua fix kita berdoa agar diberi kelancaran lalu pamitan sama mas mbak yang ada di bc dan berangkat pukul 17.30.

Hari pertama, pukul 7 malam kita sampe di basecamp mawar, sebelum berangkat kita soalat dulu dan berdoa. Disini hanya mas sawo yang tau jalurnya jadi dia di depan sebagai leader sedangkan tampir dibelakang sebagai sweaper. Cewek ceweknya ditengah ngikutin mas sawo. Kita rencana mau camp dipuncak. Diawal sih treknya masih agak datar namun setelah melewati pos satu sudah agak landai. Karena gerimis datang kita buka flysit dan bikin jahe anget sambil istirahat. Lalu lanjut jalan, disini aku dibuat bingung sama petanya sampe dibilangin kalo aku anak geo yang gabisa baca peta-____-, aku bingung aja udah 2 jam jalan kok nggak nemu pos2 padahal dipeta ditulis kalo dr pos1 ke pos2 cuma 30menit. Dipeta ditulis ada pos1 pos2 pos3 pos4 puncak. Nah abis dari pos1 kok langsung sampe pos4 zzz keliatan banget begonya, ternyata katanya pos2 sama pos3 gak ada dijalur yang kita lewatin tp adanya dijalur promasan. Lanjut dr pos 4 ini treknya naik dan emang terjal, berbatu, tangan dan kaki berperan aktif hehe. Tapi untungnya sih kita naiknya malam, jadi trek yang kita laluin nggak begitu terlihat dan tidak menurunkan mental. Saat menuju puncak kakinya si cangkir kram jadi berhenti bentar biar dia agak baikan. Dari puncak bayangan seluruh kota semarang sudah terlihat dengan gemerlap lampu kota. Pukul 1malam kita sampai dipuncak, karena banyak ceweknya jadi perlu waktu 5jam untuk bisa sampai puncak. Setelah itu yg cowo ndiriin dome yg cewek masakkkk. Kita cuma buat roti bakar sama minum jahe sambil maem jajan, disitu ya seruseruan ceritacerita ngeramein tempat camp yang cuma kita ber7 penghuninya. Abis kenyang aku mulai mengantuk lalu nyiapin SB sama selimut buat tidur.

@basecampmawar

masak roti bakar nihh, nyam
Karena udah dipuncak jadi nggak mikir bangun pagi buat submit, yang lain masak aku cangkir cowek masih pules tidur hehe. Nah pagi ini makan enakkk ada tempe goreng, telur goreng sama soup bakso. Masak bareng2 sambil diselimuti embun memberikan suasana yang berbeda dari biasanya. Tampir mendirikan hammock sedangkan mas sawo masih merem zzz. Abis itu makan bareng2 dan bersenang senang. Jam 9 kita baru packing untuk berfoto dipuncak ungaran. Setelah puas dipuncak kita turun dan tampir sebagai leadernya. Kita istirahat di pos4 dan pulangnya tidak lewat jalur mawar tapi lewat promasan. Jalur promasan ini enak banget pokoknya selain datar pemandangannya juga bagus, ada kebun tehnya banyak bunganya, ijooo semua. Karena saking senangnya aku mendahului Tampir, aku jalan cepat sendirian dan bego bgt aku ninggalin temen2ku dan aku baru ingat kalo itu jalur promasan bukan mawar, aku gatau jalurnya untungnya masih ada petunjuk jalannya dan aku berhenti dibawah plang petunjuk arah sambil nunggu yang lain. Eh tiba2 ada cogan mapala dr solo ikutan berhenti terus kenalan wkwkwk dasar.  Tampir datang dan tiba2 marah sama aku:”((( kenapa temennya ditinggalin padahal aku gatau jalurnya, yah aku minta maaf deh tapi pengen ketawa waduhh. Kita rencana mau mampir dulu ke camp biyung sambil ngisi air. Setelah sampai ke camp biyung kita dapet teh anget sama maem sayur asem tempe goreng yuhu. Katanya mas sawo kalo ngisi air ke bawah, yaudah aku ke bawah nyari air dan ketemu mata air seger bangetttt dan bikin pengen mandi disitu. Cuci muka terus sekalian solat dhuhur. Dirasa istirahatnya cukup kita ngelanjutin perjalanan karena masih jauh kita balik ke mawar tapi yang bawah duh gatau gimana ngejelasinnya pokoknya jalannya udah enak banget datar terus pemandangannya bagus. Disini kita nemuin pos 2 dan pos3 yang nggak ditemui di jalur mawar sebelumnya wkwk, di pos3 ada kolam renangnya bangus tapi sepi nggak ada yang jaga. Dan setelah sampai di mawar camp area kita ketemu sama mbak butheng lagi camp bareng suami dan anaknya. Mbak butheng ini baik kita dikasih makan lagi sama lele, gorengan lengkap sama sambelnya hehe. Makasih ya mbak kapan lagi kegunung makannya sama lele wkwk. Karena cuaca mulai mendung akhirnya kita pamit pulang dan saat perjalanan menggunakan motor hujan deras datang. Jadi kita otwnya sambil ujan2.

sarapannnn
bolehlah selfie dikit:v

sutil dan cangkir

ijoijo yang bikin adem

Terima kasih mas sawooo, sudah diajak main bareng bareng. Kapan2 lagi yah yang lengkap. Untungnya kita nggak kena badai dan hujan walaupun kabut datang. Secara nggak langsung sih kita udah diajarin manajemen pendakiannya kayag gimana mulai dari teknik pendakiannya, logistik dan waktu. Semoga ilmunya bisa kita gunakan untuk pelantikan nantinya :D