STUDI FENOMENA GEOGRAFI #Day1


Kali ini aku bakal ceritain kisahku selama 4 hari di Jogja. Iyak Jogja kali ini menjadi tempat tujuan KKL (Kuliah Karo Liburan). Untuk hari pertama objek yang dikunjungi adalah Museum Gunungapi Merapi (MGM), Tebing Breksi dan Lava Bantal. Aku cuma mau ceritain tempatnya aja karna kalo aku ceritanya tentang ‘aku’ nanti bakal boring zzz


Okke tempat pertama yaitu:

1. Museum Gunungapi Merapi (MGM)
Bentuk bangunannya unik, berbentuk trapesium dengan salah satu sisi puncaknya mengerucut membentuk segitiga. Di museum ini aku suka banget saat memasuki museum, sebuah replika sebaran awan panas dari tiga buah letusan Gunung Merapi, yakni pada tahun 1969, 1994 dan 2006 telah menyambutku. Alat inilah yang membuat seluruh ruangan bergemuruh. Dengan menekan salah satu tombolnya, maka sebaran awan panas dan aliran lava pijar akan terlihat menyerupai kejadian waktu itu.  Kita ditemani oleh tour guide yang memberikan penjelasan mengenai semua isi museum ini. Menjelajahi ruangan lain kita menemukan display tipe letusan gunung api, batuan dari Gunung Merapi sejak tahun 1930, koleksi benda-benda sisa letusan tahun 2006 hingga koleksi foto-foto Gunung Merapi dari zaman ke zaman yang dipajang sedemikian rupa. Puas mengamati setiap koleksi di lantai satu, saatnya menilik apa yang ada di lantai dua museum. Disini aku tertarik banget karena bisa liat koleksi alat peraga yang masih berfungsi dengan baik seperti liat tsunami dan gempa bumi mini yang dahsyat namun tak membahayakan.
Ketika semua sisi museum telah dijelajahi, kita masuk ke dalam teater mini. Kita  akan disuguhi sebuah film pendek berdurasi 24 menit berjudul Mahaguru Merapi. Film ini menunjukkan dua sisi Merapi yang begitu berbeda. Merapi memberi kesuburan dan kehidupan bagi tiap makhluk di sekitarnya, tapi ada kalanya ia juga meluluhlantakkan semuanya tanpa tersisa. Keren banget filmnya!

 
MGM, aku belakang pokoknya haha
Background tentang tipe tipe letusan gunung api


barang yang terkena letusan


Replika bagunan MGM

apakah ini merapi?

Buluk banget aing


Next untuk yang kedua yaitu:

2. Tebing Breksi
Disini tugas aku cuma bawa payung sambil mayungin dosen, hmm aku anak baik sih rela berkorban demi siapapun. Tempat ini panas banget. Tempat wisata yang satu ini memang unik, karena mengedepankan tebing sebagai obyeknya. Tebing breksi memang lebih banyak disukai bagi penikmat wisata khusus yang bersifat petualangan seperti misalnya panjat tebing, sepeda gunung atau fotografi. Banyak bagian dari tempat ini yang indah untuk dijadikan sebagai obyek foto. Foto pre wedding juga sangat cocok jika dilakukan di tempat ini. Kalo foto prewed buat yang udh ada jodonya yak kalo aku mah gampang ehe. Tapi gaes kita disini melakukan pengukuran jadi gabanyak bisa foto-foto. Aku dapat pengukuran geomorflogi tapi gausah aku jelasin hasilnya deh mumet ntar bacanya ehe. Padahal mah akunya aja yang males masukin data ehe ehe.

sedang melakukan pengukuran



pengukuran geomorfologi

unch unch



ibuk dosen sedang memberikan deskripsi

Selanjutnya kita cuss ke:

3. Lava Bantal
Kawasan wisata ini berlokasi di bantaran Sungai Opak, Dusun Watugedhe, Desa Jogotirto, Berbah, Sleman. Lava Bantal terbentuk karena lahar yang keluar dari gunung api bawah laut. Jadi lahar panasnya langsung masuk ke air yang dingin. Proses pertemuan tersebut membuat lahar mengalami proses pembekuan. Fenomena ini cukup jarang ditemukan. Proses pembekuan ini tertahan oleh tekanan hidrostatis yang membentuk batuan lonjong tak beraturan yang sekarang disebut sebagai batuan lava bantal. Ciri fisik batuan ini berwarna hitam, keras, dan bertekstur tidak beraturan. Kawasan Wisata Lava Bantal juga populer di kalangan mahasiswa. Tak sedikit mahasiswa Teknik Geologi UGM dan UPN yang datang untuk penelitian. Termasuk juga aku mahasiawa Geografi UNNES ahahah

oh begini rupanya


deskripsi dosen

mbak intan sedang memotret


Add caption




free hug?

30cm lebih coy






aku terbanggg, tangkap aku syifaaaa'



kelompok tigaaa

Nah itu untuk hari pertama yak, abis itu kita istirahat ke hotel. Perasaan dah seneng banget ke hotel habis itu tidur. Eh nggak bisa soalnya tiap malem harus ada diskusi malam membahas tempat-tempat yang abis dikunjungin tadi lebih mendalam zzz.
diskusi malamm



nenekku pahlawanku

Untuk hari pertama aku belum terlalu bersemangat sih karena belum ada yang bisa bikin semangat huhu. Tapi berkat objek MGM aku seneng karena Merapi terlihat sangat indah. Semoga aku bisa kesana lagi ehe. Mendaki Merapi maksudnya wkwk





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Slamet (lagi)

WISATA BLORA: Gunung Mundri

5 Tips Aman dan Nyaman Motoran Keliling Blora